Rekomendasi Plugin Wajib Install untuk WordPress

WordPress adalah sebuah platform yang menurut saya sangat terbaik, karena memiliki fitur plugin. Plugin yang tersedia pun dari berbagai pengembang dari seluruh negara. Tinggal bagaimana kita bisa memilih menggunakan plugin apa saja yang akan dibutuhkan oleh kita.

Dengan plugin, pengguna bisa menambahkan fungsi atau fitur yang dibutuhkan, tanpa melakukan penambahan coding tertentu.

Cara pemasangan dan penggunaannya pun mudah, tinggal kita cari plugin apa yang kita butuhkan lalu baca deskripsi dari plugin-plugin tersebut lalu lakukan proses instalasi.

Pada Postingan ini, saya mengulas plugin yang wajib kita install pada wordpress kita.

  1. All in One SEO Pack

Plugin All In One Seo Pack ini dapat meningkatkan blog atau website pada search engine result pages (SERP). Tak Hanya itu, pada plugin ini juga mendukung XML, Google AMP, API keys, kategori META keyword, Google Analytics, dan lainnya.

Plugin ini diberikan secara gratis, namun jika ingin menggunakan fitur berbayar, anda bisa merogoh kocek sekitar $99 USD per tahunnya.

  1. Akismet Anti-Spam

Dari namanya Anti-Spam sudah terlihat fungsi dari plugin yang satu ini. Plugin garapan Automattic ini memiliki fitur filter komentar atau akan menandai komentar-komentar yang menurutnya adalah spam.

Terlebih lagi, Plugin Akismet diberikan secara cuma-cuma dengan keterbatasan fitur. Tapi anda bisa menggunakan fitur premium dari plugin ini.

  1. WordFence Security 

Keamanan sebuah website ataupun blog wordpress juga harus dipertahankan karena sangat penting bagi pemilik web yang tak ingin websitenya diakses oleh orang yang tak dikenal.

Dengan menginstall plugin ini, anda bisa melindungi firewall, pendeteksian malware dan masih banyak lainnya.

  1. Jetpack 

Salah satu plugin keamanan lainnya milik Auttomatic. Tak hanya fitur keamanan, plugi ini juga memberikan bundling seperti penghitung statistik, kecepatan website, keamanan login, spam filter, malware scaning, brute force attack protection dan banyak fitur lainnya yang perlu dicoba.

  1. LiteSpeed Cache

Cache dalam website ini juga sangat dibutuhkan, namun banyak plugin yang menyediakan untuk mengontrol cache, namun saya merekomendasikan menggunakan Litespeed Cache.

Adanya Plugin ini, terbukti bisa membuat website kita lebih ringan saat mendapatkan traffic banyak. Tak perlu melakukan koding apapun untuk menikmati fitur LiteSpeed Cache, cukup install dan aktifkan plugin ini bisa langsung merasakan.

  1. WP Social Sharing

Plugin ini sebetulnya plugin yang sangat simple, namun juga dibutuhkan, saat artikel kita dibaca oleh banyak pengunjung dan pengunjung ingin membagikan ke rekannya, cukup memberikan tombol sharing dan otomatis link akan dibagikan kepada pembaca lainnya.

nah mungkin itu saja rekomendasi plugin yang dibutuhkan buat website dan blog untuk saat ini. Jika ingin mencari plugin lain, anda bisa mencarinya di menu plugin yang sudah tersedia dalam wordpress anda.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.