Website Terkena Malware, Jangan Khawatir Lakukan Langkah ini

Beberapa hari terakhir seorang klien mengeluhkan bahwa website yang mereka gunakan gagal melakukan pemasangan iklan melalui Google Ads. Saat itu sedikit panik apa yang harus saya lakukan, akhirnya saya menemukan beberapa cara yang sudah terbukti ampuh untuk menghapus malware yang ada di website.
Setelah cara ini saya gunakan, saya melakukan report kepada google bahwa website dari klien yang terinfeksi malware sudah aman, dan akhirnya Google ads menerima iklan yang dipasang oleh klien.
langkah yang saya ambil ketika ada malware adalah.

  1. Lakukan Scanning Pada Server Hosting dengan menggunakan Anti virus yang sudah disediakan provider hosting.

Proses scanning pada hosting

Setiap Provider hosting biasanya menyediakan virus scanner, namun tidak semua menyediakan. Jika tersedia, silahkan manfaatkan menu tersebut untuk melakukan scanning pada bagian folder cpanel. Jika tidak ada anda bisa meminta pihak provider hosting untuk menambahkan menu tersebut atau meminta untuk melakukan scanning.
Jika anda menggunakan wordpress, anda bisa memanfaatkan scanning dengan menggunakan plugin Wordfence karena plugin ini memang terbukti melakukan penghapusan terhadap malware.

  1. Hapus Error Log yang ada di dalam server hosting.

Cara menghapus error log ini bisa dilakukan dengan cara masuk kedalam Public_html, lalu cari nama file error log dan lakukan penghapusan. Jika dalam error log yang terbaru terindikasi adanya malware anda bisa melihat file tersebut dan menghapusnya. Cara ini juga bisa mengurangi Diskspace pada server jika sudah banyak menu yang ada dalam file.

  1. Pengecekan kepada server hosting file-file yang mencurigakan dan tidak pada umumnya.

Biasanya programmer website memahami file mana saja yang pernah diunggah pada hosting, disana bisa dianalisa file mana yang bukan merupakan file asli dari sebuah source code, file itulah menurut saya saya yang harus dihapus.

  1. Melakukan pengecekan di Google Search Console.

Google Search Console

Jika google search console tidak melaporkan adanya permasalahan malware biasanya sistem google ads yang mendeteksi hal tersebut. maka yang harus dilakukan coba lakukan scanning kembali dengan menggunakan tools Sucuri.

  1. Gunakan Tools Sucuri

Tools ini berfungsi mendeteksi adanya virus yang berbahaya, lakukan scanning dan tunggu beberapa saat.

  1. Mencoba lakukan pemasangan iklan di google ads untuk website (karena pada kasus ini klien saya tidak bisa memasang iklan di google).

Belajar dari sebuah pengalaman, saya mencoba untuk melakukan pemasangan iklan melalui google ads dari akun saya sendiri, biasanya google secara otomatis menolak jika terdapat malware pada situs website yang kita iklankan.

  1. Lakukan penggantian template atau plugin (jika menggunakan wordpress)

WordPress memang banyak digunakan oleh semua orang untuk membuat website secara instan, namun tak sedikit juga yang memberikan template atau plugin yang harusnya berbayar namun di gratiskan, hal ini yang membuat para penyedia template premium gratis menyisipkan sebuah virus. Saran saya gunakan template gratis yang memang sudah disediakan baik oleh pihak wordpress atau ataupun pengembang template atau plugin lain.

  1. Lakukan konsultasi kepada pihak google jika masih terindikasi terkena virus.

Setelah beberapa langkah tersebut sudah dilakukan dan anda bisa memastikan website anda benar-benar bersih namun masih tertolak karena terindikasi adanya virus, bisa lakukan kontak kepada Support Google di link berikut http://g.co/BantuanIklan.
Masukkan keluhan anda di dalam form yang sudah disediakan oleh mereka, setelah itu anda bisa menunggu balasan 24-48 jam. Setelah itu coba kembali lakukan pemasangan iklan di google ads.
Dari beberapa langka yang saya berikan tersebut terbukti ampuh untuk menghapus virus yang ada di dalam server hosting dan anda bisa menggunakan kembali website anda untuk pemasangan iklan di Google Ads.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.