Cara Mengatasi Handphone Lemot

Ilustrasi. Foto: Freepik

Ponsel merupakan hal yang tak terpisahkan bagi kehidupan sebagian orang. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, kebanyakan orang mengeluhkan kecepatan ponselnya. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi hal itu pun juga bervariasi. Bisa jadi karena penyimpanan media seperti foto dan video, atau bisa jadi karena aplikasi yang dikeluarkan oleh pengembang mendapatkan update terbaru, sehingga, ponsel kita yang sudah penuh penyimpanannya, akan terasa lemot saat digunakan.

Namun, kali ini ada beberapa cara mengatasi handphone lemot.

  1. Kosongkan penyimpanan.

Ketika penyimpanan ponsel mulai habis, semuanya yang ada di ponsel akan juga menjadi lambat. Hal itu terjadi karena proses berjalannya sebuah aplikasi membutuhkan sebuah cache atau penyimpanan sementara.

Baca Juga  Bahan Dapur yang Mampu Menghilangkan Bau Ketiak

Batas amannya, jika memiliki ponsel yang kapasitasnya kecil, 20% ruang kosong bisa dikatakan menjadi batas aman.

  1. Uninstal aplikasi yang tidak dipakai.

Aplikasi yang tidak digunakan, akan memakan ruang penyimpanan dan juga memori (RAM), apalagi aplikasi tersebut berjalan di latar belakang.

Jika dirasa aplikasi ini sudah tidak digunakan, alangkah baiknya untuk dihapus. 

Untuk menghapus pun ada beberapa cara, diantaranya bisa menekan aplikasi tersebut lama, sehingga muncul informasi properti dan pilih menu copot pemasangan (Uninstal) untuk menghapusnya.

  1. Restart Handphone.

Restart. Foto: Freepik

Cara ini seringkali digunakan beberapa pengguna ponsel. Sebab, dengan memulai ulang atau restart, akan menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background. 

Baca Juga  Jenis Kulit dan Bau Manusia yang Sering Digigit Nyamuk

Lebih disarankan, restart ponsel dilakukan setiap satu minggu sekali.

Pages: 1 2
Share