Empat Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah

Ilustrasi

Kulit kaki pecah-pecah membuat kepercayaan diri seseorang akan berkurang. Pasalnya, kulit tersebut akan terlihat disaat orang tersebut tidak menggunakan sepatu atau alas kaki yang menutupi tumit kaki.

Tumit kaki yang pecah dapat terinfeksi dan membuat infeksi kulit, yaitu selulitis.

Hal itu terjadi, disebabkan karena tekanan ekstra yang terjadi pada bantalan lemak tumit. Sehingga, menyebabkan kulit kering dan tebal dan membentuk suatu retakan.

Penyebab lainnya, akibat sering berdiri berjam-jam , berjalan tanpa alas kaki, sepatu yang kurang pas pada kaki, mandi air panas terlalu lama dan faktor cuaca.

Namun, jangan khawatir ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki pecah-pecah.

Baca Juga  Beberapa Buah yang Dapat Menurunkan Asam Urat

Berikut empat cara mengatasi kulit kaki pecah pecah:

1. Rendam kaki dengan air sabun

Dikutip WebMD, lakukan dengan merendam dengan air sabun.

Caranya, cukup istirahatkan kaki ke dalam air sabun selama 20 menit dengan perlahan gosok bagian kulit kaki yang mengalami pecah-pecah itu dengan loofah atau batu apung. Sehingga kulit yang tebal akan tergores dan dikikis oleh batu tersebut.

Setelah itu, keringkan dan oleskan pelembab seperti petroleum jelly ke bagian kaki yang kering.

Selanjutnya, gunakan sepasang kaos kaki tebal untuk menjaga kelembaban tumit kaki.


Ilustrasi2. Madu

Mengutip Healthline, madu dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Sebab, madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Pada sebuah penelitian pun menyebut, bahwa madu juga bisa sebagai pembersih luka dan pelembab bagi kulit.

Baca Juga  Ternyata Bukan Jakarta Dengan Koneksi Internet Tercepat di Indonesia

3. Minyak kelapa

Bahan yang satu ini direkomendasikan untuk kulit kering, eksim dan psoriasis. Hal ini dapat membantu kulit untuk mempertahankan kelembaban.

Ilustrasi

4. Obat alami lainnya

Beberapa bahan alami seperti cuka, minyak zaitun, pisang tumbuk, shea butter, lilin parafin, dan oatmeal dicampur dengan minyak juga bisa mencegah kulit pecah-pecah pada tumit kaki.

 

Share