Penyebab Kerontokan Rambut pada Wanita

Ilustrasi, Foto: Freepik

Beberapa wanita di dunia ini pasti mengalami kerontokan pada rambutnya. Hal ini terjadi, karena memberikan ruang bagi rambut baru.

Cleveland Clinic menyebut, manusia pada umumnya mengalami kerontokan sebanyak 50-100 helai per hari.

Tapi kerontokan yang parah dapat mengakibatkan kebotakan yang akan merusak penampilan.

Berikut penyebab rambut rontok parah pada wanita.

1. Menopause dan ketidakseimbangan hormon

Dilansir Healthline, biasanya wanita akan mengalami kerontokan selama menopause, hal ini disebabkan menurunnya produksi hormon estrogen dan progesterone.

Kondisi tubuh yang mengalami perubahan selama menopause, juga akan menambah stres. Sehingga, akan memperparah kerontokan hingga kebotakan.

Bahkan, wanita juga akan mengalami ketidakseimbangan hormon ketika menggunakan pil KB. Sebab, mengkonsumsi obat seperti itu, juga mempengaruhi penurunan hormon estrogen.

Baca Juga  Bahan Dapur yang Mampu Menghilangkan Bau Ketiak

2. Stres

Stres menjadi salah satu faktor penyebab rontoknya rambut pada wanita, biasanya dialami ketika menghadapi situasi yang berbeda dari biasanya.

Self mengatakan, stres yang dirasakan oleh tubuh akan menghambat pertumbuhan rambut dan mempercepat kerontokan pada rambut.

Tapi, kondisi ini hanya sementara dan strea juga akan berangsur kembali. Hal itu, bersamaan dengan kerontokan rambut yang akan berhenti juga.

3. Kurang mineral dan vitamin

Kekurang mineral dan vitamin, juga mempengaruhi kerontokan rambut. Oleh sebab itu, konsumsi daging atau makanan yang mengandung zat besi, akan mengurangi kerontokan pada rambut.

Wanita saat mengalami menstruasi pastinya membutuhkan asupan zat besi tambahan, agar kerontokan tidak memperburuk kondisinya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Handphone Lemot

4. Riwayat keluarga

Studi menyebutkan, salah satu faktor kerontokan pada rambut adalah riwayat keturunan keluarga. Hal ini, sangat sering terjadi pada umumnya.

Kondisi ini, biasanya disebut dengan alopesia androgenetik, dimana akan terjadi ketika bertambah usia dan memiliki pola yang bisa ditebak.

5. Konsumsi obat

Konsumsi obat, dapat memicu kerontokan, seperti kanker radang seni, depresi, penyakit jantung, asam urat dan tekanan darah tinggi.

6. Masalah kesehatan

Dilansir WebDM, beberapa masalah kesehatan juga bisa sebagai pemicu rambut rontok cukup parah.

Masalah kesehatan seperti anemia, gangguan tiroid, kehamilan, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

7. Pancaran Radiasi

Baca Juga  Kucing Bengal Bernaluri Predator

Pancaran radiasi dari terapi atau beberapa jenis obat dapat memicu rambut rontok. Tak hanya rambut kepala, beberapa tubuh yang ditumbuhi rambut, akan mengalami kerontokan juga.

Kondisi ini, akan mempengaruhi pertumbuhan rambut dan bisa menjadi permanen, apabila folikel rambut rusak.

8. Perawatan dan gaya rambut

Perawatan rambut tertentu membuat kerontokan terjadi, misalnya menggunakan bleaching dan alat pelurus rambut, serta menyisir rambut terlalu keras.

Tak hanya itu, menggunakan pewarna rambut membuat rambut lebih sering rontok. Hal ini, disebabkan bahan yang digunakan mengandung bahan-bahan kimia.

 

Share