Rekomendasi Tempat Wisata di Malang, Cocok untuk Edukasi Anak

Pujon Kidul. Foto:Ist

Malang merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki keindahan dan tempat wisata. Disana, terdapat pegunungan, lautan dan obyek wisata permainan yang bisa menjadikan liburan bersama keluarga menjadi lebih berwarna.

Kota ini, merupakan kota terbesar kedua setelah Surabaya dan menjadi kota terbesar ke-12 di Indonesia.

Malang raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu beradda di ketinggian antara 440-677 meter di atas permukaan laut (mdpl), yang membuat daerah ini memiliki banyak keindahan.

Daerah ini, menawarkan berbagai tempat wisata yang bertajuk sejarah, pendidikan dan lain sebagainya.

Bagi anda yang berencana melakukan wisata ke Malang, berikut rekomendasi tempat wisata yang menarik yang wajib dikunjungi.

1. Jawa Timur Park 1

Jatim Park 1.Foto: Ist

Jawa Timur (Jatim) Park 1, merupakan tempat paling terkenal di Malang, lokasi ini terdapat di wilayah Kota Batu.

Jatim Park 1 sendiri, memiliki konsep untuk edukasi, sebab pada lokasi ini terdapat berbagai pilihan wahana bermain yang cocok bagi anak-anak yang hendak ingin bermain dan belajar.

Berada di Jalan Kartika No 2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Obyek wisata ini dibuka mulai pukul 8.30 hingga 16.30 WIB, dengan tiket masuk mulai Rp75.000 hingga Rp120.000.

2. Jawa Timur Park 2

Jatim Park 2. Foto: Ist

Seperti halnya Jatim Park 1, Jawa Timur (Jatim) Park 2, juga mengusung tema rekreasi dan edukasi. Bedanya, tempat ini banyak hewan satwa.

Lokasi ini memiliki 3 lokasi, diantaranya, Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park.

Baca Juga  4 Destinasi Wisata di Kota Malang, Rekomendasi Untuk Belajar Sejarah

Dari ketiga lokasi tersebut, anak-anak bersama keluarga bisa belajar tentang hewan, bahkan fosil-fosil hewan purba disajikan untuk memberikan edukasi kepada anak

Berada di alamat jalan Oro-oro Ombo No 9, Kecamatan Batu, Kota Batu ini, dibuka setiap pukul 08.30 sampai dengan 17.30 WIB dengan harga tiket masuk Rp110.000.

3. Eco Green Park

 

Eco Green Park. Foto: IstLokasi Eco Green Park, tidak jauh dengan lokasi Jatim Park 2, Destinasi wisata ini juga menjadi tempat edukasi yang menyediakan beragam atraksi dan terdapat wahana bermain. Disini ada taman biologis, animal farm, rumah hidroponik, rumah serangga, jungle adventure dan masih banyak lainnya.

Harga tiket masuk pun relatif murah, pada hari Senin-Jumat sebesar Rp50.000, sedangkan di hari libur, Sabtu dan Minggu harga tiket masuk sebesar Rp75.000.

Lokasinya, berada di Oro-oro ombo No. 9A, Kota Batu, dibuka mulai pukul 8.30-16.00 WIB.

4. Museum Angkut

 

Museum Angkut. Foto: istMuseum angkut adalah tempat wisata yang memiliki konsep transportasi dan otomotif. Pada tempat ini, menyediakan berbagai macam transportasi, mulai transportasi lokal, hingga transportasi modern. Tak hanya dari dalam negeri, juga menampilkan kendaraan yang berada di luar negeri.

Lokasi ini cocok untuk beredukasi tentang kendaraan-kendaraan yang ada di Indonesia bahkan yang ada di dunia. Cukup dengan membayar Rp100.000 per orang, anda bersama keluarga bisa belajar dan melihat secara langsung kendaraan-kendaraan.

Lokasi Museum angkut sendiri, berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Surabaya, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Baca Juga  Destinasi Wisata di Trawas Yang Wajib di Kunjungi

5. Malang Night Paradise

Malang Night Paradise. Foto:ist

Lokasi yang satu ini, menyajikan berjuta-juta lampu LED dan juga terdapat wahana Taman Dinosaurus, sehingga lokasi ini bisa digunakan untuk melakukan edukasi tentang hewan-hewan purba.

Hanya dengan membayar Rp50.000-Rp65.000, liburan bersama keluarga lebih berarti di Malang Night Paradise.

Tempat ini, dibuka pukul 17.45 hingga 21.00 WIB, yang beralamatkan di Jalan Graha Raya No. 66 Kota Malang.

6. Taman Kelinci

Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field. Foto:ist

Bagi pecinta hewan kelinci, lokasi ini direkomendasikan untuk anda dan keluarga. Lokasi yang dibuka sejak 2016 lalu, menyajikan hewan kelinci yang lucu dan unik.

Taman ini, sebenarnya bernama Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field, namun disana banyak kelinci, akhirnya disebutlah Taman Kelinci.

Jika ingin beredukasi bersama keluarga, cukup dengan membayar Rp15.000 per orang dimulai 7.00-17.00 di Samaan, Kota Batu.

7. Omah Kayu

Omah kayu malang. Foto: ist

Omah kayu yang berada di Jalan Gunung Banyak, Kota Batu ini, merupakan kawasan dataran tinggi. Sehingga, lokasi ini, cocok digunakan untuk berlibur sambil menikmati pemandangan. Disini, hanya membayar Rp5000 saja.

8. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna. Foto: ist

Seperti yang diketahui, Malang tak hanya pegunungan tetapi juga terdapat lautan sehingga, di Malang bagian selatan merupakan tempat-tempat wisata pantai yang cocok di kunjungi.

Seperti namanya, Pantai Tiga Warna ini, memiliki gugusan warna seperti Biru, Hijau dan Coklat kemerahan. Hal itu terjadi, karena dari pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton.

Baca Juga  Nikmati Liburan Bersama Keluarga di Narita Hotel Surabaya

Pantai ini dengan tiket masuk sebesar Rp10.000 ini, juga termasuk kawasan konservasi terumbu karang dan mangrove.

Lokasi pantai ini di Jalan Sendang Biru, Tambakrejo, Kabupaten Malang.

9. Bukit Nirwana

Bukit Nirwarna. Foto: Ist

Bukit Nirwana, termasuk tempat wisata dengan menyajikan dataran tinggi. Bukit Nirwana, memiliki pemandangan alam yang fantastik, sebab dikelilingi 10 gunung.

Bukti yang berada di Tulungrejo, Pujon Kidul, Kabupaten Malang ini, cocok untuk berkemah bersama keluarga dan hanya dengan membayar Rp10.000 per orang.

10. Desa Wisata Pujon Kidul

Pujon Kidul. Foto:Ist

Masih di Pujon Kidul, ternyata masih ada desa wisata yang dapat dinikmati bersama keluarga. Lokasi ini, memiliki spot foto yang menarik dan juga bisa menikmati suasana alam yang asri.

11. Lembah Indah

Lembah Indah. Foto:Ist

Di Malang, juga menyajikan perkebunan yang bertema edukasi, hanya menarik biaya sebesar Rp20.000 per orang. Lembah indah juga menyediakan tempat untuk menginap.

Keunikan lembah indah yang berada di Gendo, Desa Balesari, Malang, menyajikan penginapan seperti layaknya berkemping.

12. Wisata Paralayang Batu

Parlayang. Foto: ist

Wisata Paralayang Batu terdapat di Jalan Arumdalu no 20, Kota Batu, menyajikan pemandangan yang indah dan juga dapat melihat orang-orang yang sedang berolahraga paralayang. Anda juga bisa menikmati olahraga tersebut, dengan hanya Rp300.000 per orangnya. Tiket masuk pun relatif murah, hanya Rp10.000 per orang.

13. Sumber Maron

Sumber Maron. Foto: ist

Obyek wisata satu ini menyajikan air terjun dan sungai alami yang bisa dijadikan tempat pemandian. Airnya pun berasa dari sumber mata air alami yang bersih dan segar.

Untuk menikmati lokasi wisata di Dusun Adiluwih, Karangsuko, Malang, cukup membayar dengan Rp5000.

Itulah beberapa lokasi yang direkomendasikan untuk berwisata di Malang Raya. Mulai harga tiket, lokasi buka, serta detail alamatnya. Selamat Berlibur.

 

Share